Aug 17, 2011

KOTA BANDA ACEH


  • Kota Banda Aceh adalah salah satu kota di pulau Sumatera Indonesia.
  • Kota Banda Aceh merupakan ibu kota provinsi Aceh, Indonesia.
  • Tanggal 22 April 1962 ditetapkan sebagai Hari jadi Kota Banda Aceh
  • Kota Banda Aceh pada jaman dahulu sebelumnya bernama Kutaraja, kemudian sejak 28 Desember 1962 namanya diganti dan ditetapkan menjadi Banda Aceh.
  • Sebagai pusat pemerintahan, Kota Banda Aceh menjadi pusat segala kegiatan ekonomi, politik, social, Pendidikan dan Budaya.
  • Kota Banda Aceh terletak pada koordinat 05°16' 15" - 05° 36' 16" Lintang Utara dan 95° 16' 15" - 95° 22' 35" Bujur Timur.
  • Luas wilayah Kota Banda Aceh yaitu 61,360 km2
  • Batas wilayah Kota Banda Aceh adalah :
    • Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka
    • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Aceh Besar
    • Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia
    • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Aceh Besar
  • Kota Banda Aceh dibagi menjadi 9 kecamatan yaitu:
  1. Baiturrahman
  2. Banda Raya
  3. Jaya Baru
  4. Kuta Alam
  5. Kuta Raja
  6. Lueng Bata
  7. Meuraksa
  8. Syiah Kuala
  9. Ulee Kareng.
Sekilas Kota Banda Aceh
Kota Banda Aceh ketika bencana gempa dan tsunami melanda Aceh pada hari Minggu tanggal 26 Desember 2004 jam 7.58.53 telah menghancurkan sepertiga wilayah Banda Aceh. Ratusan ribu jiwa penduduk menjadi korban bersama dengan harta bendanya menjadi mimpi buruk bagi warga Banda Aceh. Bencana gempa dan tsunami dengan kekuatan 8,9 SR tercatat sebagai peristiwa sejarah terbesar di dunia dalam masa dua abad terakhir ini.
Kini Banda Aceh telah mulai pulih kembali, dulu keamanan aceh terusik dengan terjadinya pertikaian antara Pemerintah RI dan GAM sehingga ditetapkannya Aceh sebagai Daerah Operasi militer (DOM) namun kemudian gempa dan Tsunami saat itu pada akhirnya mempu memberikan perubahan besar yaitu kedamaian serta pemulihan keamanan setelah perjanjian damai di Helsinki antara pemerintah RI dan GAM seiring dengan proses rehabilitasi dan rekontruksi Banda Aceh yang sedang dilaksanakan.
Pemerintah Aceh kembali membangun Banda Aceh yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Badan Pelaksana Rehabilitasi dan Rekontruksi Aceh dan Nias (BRR) serta bantuan dari badan-badan dunia dan berbagai Negara Donor bersama lembaga asing maupun lokal. Pemerintah Aceh juga telah menetapkan kebijakan-kebijakan pembangunan yang disepakati bersama DPRD Aceh yang dituangkan dalam Rencana Strategis Kota Banda Aceh tahun 2005-2009, selanjutnya dituangkan dalam program kegiatan tahunan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Banda Aceh. Dengan kedamaian yang telah diraih ini dan melalui proses rehabilitasi dan reknstruksi, Banda Aceh mulai bangkit kembali, dengan banyaknya bantuan dari berbagai Manca Negara yang rela turun membantu mempercepat pembangunan baik itu fisik maupun mental dari masyarakatnya yang pernah terpuruk karena kondisi saat itu.
Kota Banda Aceh kini telah berubah dan berusaha bangkit di bidang kepariwisataan dengan mempromosikan kotanya untuk menjadi destinasi utama kota yang mengelola situs-situs tsunami menjadi daya tarik wisatawan dan juga sebagai pusat riset gempa dan tsunami di asia. Banyak bangunan yang menjadi ikon baru kota Banda Aceh selain mesjid raya baiturahman yaitu seperti Museum Tsunami, Situs Kapal Lampulo, PLTD Apung Punge dan beberapa lagi lainnya yang menarik untuk dikunjungi.



4 comments:

  1. Hi,
    Saya Ain dari Malaysia. Mahu ke Banda Aceh dan Pulau Weh di bulan May. Do you have any tips for me and my friends? Like places to visit, transportation etc.. Saya juga masih buntu tentang akomodasi di sana nanti. Sebaiknya di mana? Amat berminat dengan Hotel Oasis Atjeh tapi adakah ia jauh dr tempat tempat menarik? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. hi ain,
    hotel oasis memang tidak terlalu jauh tapi kalau anda menggunakan mobil sewaan/transport lokal kemana aja bisa sampai.
    ada hotel yang lebih dekat dengan objek wisata yaitu hotel Lading yang letaknya dipusat kota dan dekat dengan mesjid raya baiturrahman ikon utama kota kami, lalu taman sari, museum tsunami aceh dan pasar aceh, anda cukup dengan berjalan kaki saja.
    kota banda aceh tidaklah besar, anda bisa satu hari mengunjungi seluruh objek wisata yg ada di banda, trus jgn lupa ke pantai yg ada di aceh besar seperti pantai lampu'uk, lhoknga dan ujong batee, dan esoknya bisa ke pulau weh sabang yang tentunya lebih menarik lagi..
    tak lupa kuliner khas di aceh yang beraneka ragam boleh dicicipi..
    Karena tahun ini dicanangkan tahun kunjungan wisata aceh 2013 (visit aceh 2013) jadi banyak informasi yg bisa anda dapatkan dari tulisan2 tentang aceh di internet.. coba cari paket tour wisata kota banda aceh - sabang.. banyak agen travel yg menawarkan, anda bisa mendapatkan informasi harga juga disitu..
    maaf kalo kurang lengkap informasi yg saya berikan, semoga anda dan teman2 bisa menikmati kunjungan ke kota kami dengan nyaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas informasi. Lengkap sekali. Saya sudah bookmark blog ini dan akan terus membaca mengenai Aceh. Teruskan update ya? Thanks again :-)

      Delete

YELLOW

BLUE

RED