Sep 30, 2011

Kota Banda Aceh Juara 1 Rapai Geleng RAMPOE ACEH FESTIVAL 2011


Sanggar Cit ka Geunta pimpinan Drs Tamirin mewakili Kota Banda Aceh tampil sebagai juara satu rapai geleng Rampoe Festival Aceh 2011 ,Selasa (20/09) Malam. selanjutnya sebagai juara dua Kabupaten Aceh Barat dan juara tiga Kabupaten Pidie Jaya


RAMPOE ACEH FESTIVAL 2011
17 s.d 20 September 2011.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh menggelar Festival Rampoe pada 17 hingga 20 September 2011. Festival ini dipusatkan di Taman Sri Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Diperkirakan akan ada 874 penari dari seluruh Aceh turut memeriahkannya. Festival Rampoe diarapkan dapat menjadi perekat lintas multikultur etnik Aceh yang ada di pesisir timur, pantai barat serta di dataran tinggi.

Festival Rampoe merupakan ruang ekspresi tarian tradisional yang tersebar di pesisir barat, timur, dan dataran tinggi di Aceh. Para penarinya berasal dari 23 kabupaten/kota dimana masing-masing mengirim tiga grup tari dalam festival tersebut.

Anda dapat menyaksikan lomba tari seudati, tari saman, dan tari rapai geleng. Ketiga tarian tersebut merupakan simbol integritas keacehan di era globalisasi yang diminati masyarakat luar Aceh. Dengan Festival Rampoe ini, diharapkan eksistensi ketiga tarian itu tetap terjaga. Juara I Rampoe Aceh Festival akan mendapatkan hadiah sebesar 10 Juta, Juara II 7 Juta, dan untuk juara 3 mendapat hadiah 5 Juta.

Festival Rampoe menghabiskan dana sekitar 2,5 miliar rupiah yang bersumber dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Kegiatan ini dalam rangka menyambut hari Kesenian Aceh yang jatuh pada 22 Agustus. Selain itu, juga untuk mendukung kegiatan Visit Banda Aceh serta menyambut Visit Aceh Years 2013 mendatang.

BENTUK KEGIATAN

Festival tari ini di ikuti oleh 72 kelompok peserta masing-masing 3 kelompok setiap kabupaten/kota dan di tambah 3 sanggar Propinsi. Jenis tarian yang di perlombakan adalah: - tari Seudati, tari Saman gayo, tari Rapai Geleng. Diharapkan event ini berskala daerah dan nasional yang  diselenggarakan dengan dukungan anggaran DIPA APBN Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI. Undangan yg diharapkan hadir adalah dari kabupaten/kota dalam propinsi Aceh dan pihak Kementerian kebudayaan dan Pariwisata RI serta undangan lainnya yang terkait dengan undangan ini.

SASARAN
Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Rampoe Aceh Festival yaitu: 
  • Terselaksananya event seni budaya aceh yang bisa mendukung minat dan daya tarik pengembangan pariwisata Aceh.
  • Terakomodir sarana dan fasilitas bagi komunitas pekerja seni untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki 
  • Sebagai media silaturrahmi lintas etnik yang mendiami penduduk propinsi Aceh.
  • Untuk menumbuh kembangkan dan sebagai media sosialisai kembali kesenian tradisi Aceh pada kelompok muda (pelajar dan mahasiswa) sebagai jati diri anak bangsa

MAKSUD DAN TUJUAN  
  1. Mendorong kreatifitas seniman dan pelaku di bidang seni tari
  2. Mendorong masyarakat mengenal, memahami dan menghargai seni tari Aceh
  3. Sebagai wahana peningkatan apresiasi seni tari
  4. Menciptakan iklim kebersamaan para seniman dan pelaku seni dari kabupaten untuk mengenal serta menumbuhkan pemahaman kebudayaan diantara mereka
  5. Untuk memelihara jati diri dan integritas bangsa
  6. Mengembangkan pemetaan seni tari daerah sehingga diharapkan dapat memperluas pengetahuan khasanah budaya bangsa
  7. Mengangkat harkat dan martabat aceh lewat kesenian
  8. Sebagai penunjang untuk mendukung visi Aceh years 2013

photo : Doc disbudpar kota banda aceh



No comments:

Post a Comment

YELLOW

BLUE

RED