Oct 14, 2011

Pelatihan Pemandu Wisata Tahun 2011 oleh Disbudpar Kota Banda Aceh





Disbudpar Kota Banda Aceh melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu dari tanggal 13 s.d 17 Okt 2011, diikuti oleh 20 Peserta hasil seleksi yang dilakukan panitia. para peserta kali ini dipilih berdasarkan kemampuan dan keahlian serta pengalaman di bidang pemandu wisata, agar nantinya setelah selesai pelatihan ini para pemandu wisata dapat langsung terjun ke lapangan dan memiliki sertifikat yang dikeluarkan dari Disbudpar Kota Banda Aceh.

Pelatihan ini disertai dengan praktik lapangan di atas bus dan di daerah objek wisata, Pelatihan akan berlangsung selama lima hari dan menghadirkan pemateri-pemateri dari berbagai latarbelakang keilmuan.

Pelatihan ini selain memberikan pengetahuan dasar di bidang kepariwisataan khususnya tekhnik pemandu wisata, para peserta juga dibekali dengan pengetahuan sejarah dan saling berbagi pengalaman diantara para peserta.

Disbudpar berharap nantinya seluruh para Pemandu Wisata yang ada di kota Banda Aceh harus lebih profesional dan memiliki lisensi atau sertifikat kelayakan untuk menjadi Pemandu Wisata, karena potensi dan peluang kerja cukup besar dibidang ini, dimana kota Banda Aceh merupakan kota yang sudah terkenal dengan segala ciri khas dan keunikannya di seluruh dunia. 

Kota serambi mekkah dan tanah rencong menjadi julukan yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, ditambah lagi adanya peristiwa Gempa dan Tsunami 26 Desember 2004 lalu yang merupakan peristiwa bersejarah yang tak mungkin dilupakan msayarakat dunia karena di kota Banda Aceh lah seluruh negara di dunia pernah hadir kemari memberikan bantuan dan dukungan dalam merekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana tersebut. sehingga dalam perkembangannya kota Banda Aceh menetapkan bahwa sektor Pariwisata mampu menjadi kontribusi besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat. salah satunya di bidang profesi pemandu wisata dimana saat ini para turis atau wisatawan yang berkunjung akan dapat menyaksikan objek-objek wisata tsunami serta budaya khas kota Banda Aceh yang Islami.

Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu Kota Banda Aceh tahun 2011 ini adalah yang ke tiga kalinya dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh pada setiap Tahun, para peserta akan diberikan sertifikat. kegiatan ini juga mensukseskan Tahun Kunjungan Wisata Kota Banda Aceh "Visit Banda Aceh Year 2011" dan Disbudpar juga m telah banyak melakukan kegiatan budaya dan kesenian setiap bulannya untuk dapat menarik perhatian para turis manca negara yang berkunjung ke Banda Aceh sehingga mereka menikmati keindahan Alam, Objek wisata dan Khasanah Budaya Kota Banda Aceh serta menceritakan kepada seluruh dunia hingga mereka kembali lagi berkunjung ke Kota Banda Aceh.




Pemandu Wisata memberikan informasi kepada Turis (photo: ody)



No comments:

Post a Comment

YELLOW

BLUE

RED