Jan 1, 2012

KULINER KHAS ACEH

Kota Banda Aceh yang merupakan ibu kota Provinsi Aceh memiliki beraneka ragam jenis masakan yang menarik untuk dicoba, terutama masakan Aceh. Masakan Aceh merupakan perpaduan berbagai macam kebudayaan seperti Arab, India, Siam, Spanyol hingga Belanda. Masakan Aceh cenderung mirip dengan masakan Arab dan India yang menggunakan banyak bumbu dan rempah.




Makanan Khas Aceh

Bicara tentang masakan Aceh tentunya tidak terlepas dari kebiasaan makan masyarakat Aceh. Hidangan tidak terlepas terlepas dari penggunaan bumbu. Cita rasa bumbu dan rempah yang padat sangat menggugah selera makan, sehingga tidak jarang dijumpai orang yang sedang makan hingga keringatan. Orang Aceh sangat menghargai makanan sehingga menggarap makanan dengan serius.

1.     Ayam Tangkap
Ayam Tangkap ini sangat terkenal di Aceh. Sajian makanan yang satu ini amat menarik, yaitu ayam berbumbu yang digoreng bersama daun rempah-rempah yg beraroma harum dan menggugah selera.

2.     Mie Aceh
Buat pencinta masakan yang pedas, Mie Aceh harus dicoba. Dicampur dengan sayuran segar dan bumbu-bumbu lainnya seperti, bawang putih, bawang merah, cabe dan lain-lain. Mie Aceh memiliki rasa yang lezat dan menantang. Biasa dicampur dengan kepiting, udang, telur, gurita dan daging sapi.

3.     Sie Masak Puteh
Terbuat dari campuran berbagai macam bumbu yang langsung meresap ke dalam daging sapi hingga ke tulangnya. Dicampur dengan santan kelapa, akan membuat anda meneteskan air liur untuk segera mencobanya.

4.     Gule Pli’ U
Makanan Khas Aceh ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang dimasak dengan bumbu yang khas yaitu Pli’U (Kelapa yang telah dibusukkan)

5.     Eungkot Kayee
Ikan Kayu merupakan makanan tradisional Aceh yang paling banyak diminati oleh orang Aceh selain memiliki rasa yang lezat dan unik Ikan ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus kemudian dikeringkan yang kemudian diiris-iris kecil. Dimasak dengan menggunakan Santan Kelapa, Kentang, Cabai Hijau dan bahan rempah lainnya.
ikan kayu ini tahan lama untuk dibawa perjalanan jauh sehingga dapat dijadikan bekal dalam perjalanan.
Selama perang Aceh melawan Belanda di Hutan, jenis makanan ini sangat terkenal karena sangat mudah dibawa dan dimasak.

6.     Sie Reuboh
Sie Reboh Cuka adalah daging rebus yang dimasak dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan kemudian ditambahkan cuka sehingga menimbulkan rasa asam yang segar. Biasanya menggunakan daging kambing dan daging sapi. Lebih enak disantap selagi hangat.

7.     Sambai Udeueng
Tidak mantap rasanya jika makan tanpa sambal. Orang Aceh memiliki banyak jenis sambal, salah satu diantaranya Sambal Udeueng atau yang dikenal dengan Cicah Udeueng.
Terbuat dari Udang yang dihaluskan dengan beberapa bumbu seperti cabe rawit, bawang merah dan sedikit belimbing wuluh untuk menambah rasa segar.

8.     Beulacan
Belacan terbuat parutan kelapa yang diberi bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang muda dan dibakar hingga matang.

9.     Bu Briani
Bu Briani adalah nasi yang dikukus dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Walaupun sudah komplit dengan daging dan bumbu lainnya, Biasanya Nasi Briani dilengkapi dengan Acar, Dalcan, dan Kerupuk Meuling (Kerupuk Melinjo)

10.    Boh Itek Masen
Telur Asin terbuat dari telur bebek yang diasinkan dengan cara yang tradisional, melengkapi hidangan dengan rasa yang manthap!

11.    Bubur Kanji Rumbi
Kanji Rumbi terbuat dari beras pulen yang ditumbuk kasar, kemudian direbus dan dicampur dengan bumbu seperti ketumbar, lada, bawang merah, jahe, biji pala dan adas manis. Biasanya disajikan dengan ayam dan udang, bila suka ada juga yang disajikan dengan telur setengah matang di atasnya.

12.     Tumeh Tirom
Tumeh Tirom adalah Tumis Tiram, masakan Aceh yang tidak terlalu banyak menggunakan bumbu karena ingin tetap merasakan manis yang berasal dari Tiram. Bahan yang ditambahkan kentang, cabe hijau dan sedikit Asam sunti.

13.    Bu Guri
Bu Guri atau Nasi Gurih mirip nasi uduk di jakarta ataupun mirip nasi lemak di Malaysia dan Singapura, tetapi Nasi Guri ini jauh lebih gurih dan aromatik.

14.    Peleumak Udeueng
Peleumak Udeueng adalah masakan yang terbuat dari udang yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu masakan Aceh seperti Sunti.


Kue dan Minuman


1.      Bhoi
Kue manis Aceh ini adalah Bolu tradisional Aceh, yang dijadikan bahan antaran mempelai ketika acara pernikahan, rasanya yang manis cocok disantap bersama kopi Aceh hangat.

2.      Keukarah
Melihat bentuknya yang seperti Sarang Burung Walet ini membuat orang banyak yang mengiranya terbuat dari  Sarang Burung Walet. Rasanya yang renyah  dan bentuknya  yang unik menjadikannya oleh-oleh yang  bisa dibawa kemana saja.

3.      Rujak Aceh
Rujak Aceh memiliki cita rasa yang khas dan unik. Cita rasa ini berasal dari Buah Batok dan Buah Rumbia(Salak Aceh) yang dihaluskan bersama dengan bumbu rujak lainnya. Berbagai macam buah-buahan kemudian diparut atau dipotong kecil-kecil, dan untuk menambah rasa manis ditambahkan pula Gula Aren.

4.      Timphan
Kue ini berbentuk memanjang, terbuat dari tepung, telur, diisi dengan parutan kelapa dan dibungkus dengan daun pisang muda.Timpan sangat terkenal di Aceh dan sering membuat orang aceh teringat akan kampung halamannya. Banyak juga Hadi Maja (kata-kata bijak dalam bahasa Aceh) yang memuat tentang kue ini. ”Uroe got buleun got timphan ma peugoet beumeutemeng rasa” yang artinya ” Hari yang baik, bulan yang baik, timphan dibuat sama ibu sudah seharusnya kita rasa”.

5.      Roti Cane
Roti Cane Hampir serupa dengan makanan India, biasanya disajikan dengan daging kambing dan gule ayam dengan rasa yang lezat. Terbuat dari tepung terigu, mentega dan garam.

6.      Kupi Ulee Kareng
Kupi Ulee Kareng ini merupakan minuman favorite masyarakat di Banda Aceh dan juga wisatawan yang datang ke Kota Banda Aceh. Rasanya yang khas menjadikannya incaran para penikmat kopi. Cara pembuatannya pun menjadi atraksi yang menarik untuk dilihat.

7.      Martabak Telor
Martabak telor ini terbuat dari tepung terigu, sama dengan yang digunakan untuk membuat Cane, telur dan sayuran, kemudian dimasak di atas penggorengan yang berbentuk besi persegi yang permukaannya datar.

8.      Bakpia Sabang
Bakpia Sabang merupakan kue Bakpia yang sangat terkenal dengan rasanya yang unik dan nikmat. Memiliki beberapa rasa diantaranya, Kacang Hijau, Pandan dan Durian. Biasanya menjadi oleh-oleh wajib dari Kota Sabang.

9.      Ie Boh Timon
Ie Boh Timon atau air mentimun terbuat dari parutan buah mentimun yang dicampur dengan air dan gula pasir. Boleh juga ditambahkan perasan jeruk nipis.  I Boh Timon ini berfungsi untuk menetralkan masakan Aceh seperti Gule Kambing yang dapat menimbulkan penyakit darah tinggi.


Sumber : Booklet kuliner 2011 Disbudpar Kota Banda Aceh
Image : Odynugraha

2 comments:

  1. nasi briyani kan khas nya masakan India??
    kalo bu briani, itu kayaknya tetangga seblah :P
    gulee aceh ga masuk kategori bong?
    btw, jadi ngiler lah.................

    ReplyDelete
    Replies
    1. ain, bisa jadi karena di aceh juga ada orang keturunan india yang melestarikan makanan khas mereka lalu diolah lagi sesuai seleranya orang aceh,
      maka dari itu masakan aceh itu komplit, karena semua bangsa dunia pada jaman dahulu kala pernah ke aceh...
      kalo gulee aceh itu di semua daerah juga ada cuma namanya aja beda,
      tapi di aceh khasnya adalah asam sunti... hmm masakan wajib tuh, mau??

      Delete