Apr 12, 2012

Banda Aceh Kembali Diguncang Gempa Kuat tahun 2012

Banda Aceh pada hari Rabu tanggal 11 April 2012 mengalami guncangan gempa kuat yang dirasakan masyarakat sehingga membuat panik dan berusaha menyelamatkan diri mengakibatkan terjadi kemacetan di jalan-jalan utama Banda Aceh. guncangan terasa hingga lima menit. Banyak warga yang berhamburan keluar rumah. Banyak pula pengendara yang mengantre di SPBU untuk mendapatkan bahan bakar mengantisipasi hal-hal negatif akibat gempa.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa mengguncang pada pukul 15.38 WIB dan berpotensi tsunami. Sebelumnya BMKG mencatat gempa berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) kemudian merevisi menjadi 8,5 SR. Berpusat di perairan kepulauan Simeulu kabupaten Simeulu Aceh.
Situasi semakin terasa panik ketika beberapa saat kemudian terjadi gempa susulan. Banyak warga memilih berdiri di jalan dan bergerak ke arah tempat yang lebih tinggi. Bahkan tak ada satu pun warga yang berani pulang ke rumah. sebagian lagi ada yang  menuju bukit atau tempat yang lebih tinggi di sekitar wilayah Aceh Besar.
Data BMKG mencatat gempa susulan tersebut berkekuatan 8,1 Skala Richter (SR) pukul 17.43 WIB. Setelah gempa tersebut disusul gempa susulan berikutnya 6,1 SR pukul 18.04 WIB dan 6,1 SR pukul 18.34 WIB.
Pada hari esoknya, aktivitas masyarakat sudah mulai kembali normal. Pasar, pusat perkantoran dan proses belajar mengajar juga sudah mulai kembali berjalan seperti sedia kala, namun terlihat sedikit lenggang di jalanan utama banda Aceh pada siang hari.

No comments:

Post a Comment

YELLOW

BLUE

RED